Kelompok 26 KKN UIN Malang turut serta berkontribusi dalam acara rutinan YAFAIS se-malang raya di Masjid Falahurrohmah

  • Jan 07, 2023
  • SUMBERKRADENAN.PAKIS

Jum'at,6/1/2023 - Masjid merupakan tempat ibadah umat islam, tidak hanya untuk menunaikan shalat, akan tetapi masjid juga sering digunakan untuk kegiatan keagamaan lainnya. Seperti halnya acara YAFAIS (Yasin fadhilah dan Istighatsah) di masjid Falahurrohmah dusun jebuk desa sumberkradenan kecamatan pakis kabupaten malang yang diselenggarakan pada hari jum'at pahing tanggal 6 januari 2023. YAFAIS merupakan acara rutinan yang diselenggarakan setiap satu bulan sekali tepatnya setiap juma'at pahing. Pada acara tersebut dihadiri oleh K.H Muhammad Yasin Hasyim pengasuh pon.pes An Nur Al-Muqrinin, Abu Al-Khoiri selaku kepala desa sumberkradenan dan juga ratusan jamaah YAFAIS se-malang raya.


Adapun acara tersebut dimulai dengan khataman Al-Qur'an dan kirim do'a yang dilakukan setelah subuh sampai pukul 14.00 kemudian dilanjutkan  pada malam hari yang dimulai setelah isya. Dalam sambutannya Abu Al-Khoiri selaku kepala desa sumberkradenan mengucapkan terimakasih kepada panitia acara tersebut hal ini dikarenakan acara YAFAIS telah dilaksanakan kedua kalinya di masjid Falahurrohmah "kebetulan saya menjadi ketua panitia dalam acara YAFAIS yang dilaksanakan pertama kali di masjid ini" tuturnya.
Setelah sambutan dari kepala desa acara dilanjutkan dengan ceramah yang di sampaikan oleh K.H Muhammad Yasin Hasyim. Dalam ceramahnya beliau memberikan pesan kepada jamaah untuk selalu memakmurkan masjid terlebih kepada para remaja masjid. Beliau juga meminta kepada pengurus masjid untuk tidak mengusir anak kecil yang bermain di masjid hal ini dikarenakan agar anak-anak kecil terbiasa untuk pergi ke masjid. Tidak hanya itu K.H Muhammad Yasin Hasyim juga memberikan nasihat kepada para jamaah YAFAIS "Seseorang dalam menangkap nasihat itu ada dua tipe: Orang bodoh akan tersinggung sedangkan orang berilmu akan merenung. Sungguh sulit memberitahu lalat bahwa bunga lebih indah dari sampah" tuturnya. Setelah pengajian acara dilanjutkan dengan pembacaan yasin fadhilah dan Istighatsah yang dipimpin oleh K.H Muhammad Yasin Hasyim.
KKN Kelompok 26 UIN Malang juga ikut berkontribusi dalam menyukseskan acara tersebut dengan menjadi panitia yang dibentuk oleh ta'mir masjid Falahurrohmah pada tanggal 27 Desember 2022. Anggota KKN Kelompok 26 UIN Malang diberikan tugas untuk menjadi penerima tamu dan membagikan bingkisan kepada para jamaah. Setelah acara selesai Anggota KKN Kelompok 26 UIN Malang juga ikut membersikan masjid bersama panitia yang lain.