KKN Kelompok 26 UIN Malang 2023 : Santunan Anak Yatim Desa Sumberkradenan

  • Jan 13, 2023
  • SUMBERKRADENAN.PAKIS

Premban,12/01/2023 - Rasulullah SAW pernah bersabda “Orang-orang yang memelihara anak yatim di antara umat muslimin, memberikan mereka makan dan minum, pasti Allah memasukkannya ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni.” (HR Tirmidzi dari Ibnu Abbas). Hal inilah yang menjadi dasar kelompok KKN 26 UIN Maliki malang menyelenggarakan acara santunan anak yatim di yayasan sosial Miftahul Huda Jl. Mawar RT. 02/04 Premban Sumberkradenan Pakis-Malang.


Acara tersebut dilakukan pada sore hari dimulai dengan sambutan dari pengasuh yayasan tersebut yakni Ustadz Khusnurofi'. Dalam sambutannya beliau mengatakan "terimakasih kepada KKN UIN malang yang telah meluangkan waktunya untuk bersilaturahmi di tempat ini" tuturnya. Beliau juga meminta maaf apabila anak-anak yang diasuhnya tidak dapat berkumpul semua hal ini dikarenakan terdapat beberapa anak yang berhalangan hadir. Perlu diketahui di yayasan tersebut mempunyai 20 anak yatim yang diasuh. Setelah sambutan dari pengasuh yayasan dilanjutkan dengan pembacaan yasin dan tahlil. 


Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Harun Misbakhul Munir ketua KKN Kelompok 26 UIN Malang. Dalam sambutannya beliau mengatakan "Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada para donatur yang telah menyisihkan rezekinya untuk acara ini semoga allah memberikan kesehatan, panjang umur dan rezeki yang melimpah" tuturnya. Kemudian beliau juga menyampaikan kepada anak-anak yang hadir semoga dengan donasi ini dapat bermanfaat dan sedikit membantu anak-anak tersebut. Perwakilan KKN 26 yakni saudara Ihsan Muhammad Saefullah juga meminta do'a kepada para anak-anak yang hadir semoga KKN Kelompok 26 diberikan kemudahan dan keberkahan dalam melakukan pengabdian di desa Sumberkradenan. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pembagian donasi dalam bentuk uang dan sembako. Kemudian, dilanjutkan dengan foto bersama di halaman mushola.


Dikutip dari penanggung jawab acara yakni saudara Tegar Nur Hidayat pengumpulan donasi dilakukan dari tanggal 2-12 januari 2023. Adapun donasi yang terkumpul sebesar  Rp. 2.084.000 kemudian dibagikan dalam bentuk sembako dan uang kepada 27 anak yatim di desa sumberkradenan.