Pengembangan Ekstrakurikuler di MTS AL-Islamiyah Pakis

  • Jan 18, 2023
  • SUMBERKRADENAN.PAKIS

Kehadiran mahasiswa KKM (Kuliah Kerja Mahasiswa) di desa Sumberkradenan, Pakis, Kabupaten Malang, menginisiasi program kerja berupa pengembangan ekstrakurikuler di salah satu lembaga pendidikan yaitu MTS AL-Islamiyah. Pada hakikatnya, sekolah tidak hanya berkewajiban mengembangkan dan meningkatkan siswa dalam hal akademis saja, melainkan perlu meningkatkan kemampuan siswa yang bersifat non-akademis. Pengembangan kegiatan ekstrakurikuler ini bertujuan untuk memperluas pengetahuan, meningkatkan keterampilan sesuai minat dan bakat serta kreativitas masing-masing siswa di sekolah. Dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pun akan mendapat manfaat diantaranya  yaitu mengembangkan  nilai  karakter  siswa, meningkatkan perilaku  sosial dan prestasi  sekolah, meningkatkan mutu  sekolah  melalui ekstrakurikuler, serta sebagai  wahana  pengembangan diri.

Kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) merupakan kegiatan yang dilaksanakan siswa-siswi di luar hari maupun jam sekolah reguler yang diharapkan mampu membentuk kepribadian akademik peserta didik sesuai dengan minat dan bakatnya. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 39 Tahun 2008 mengenai Pembinaan Kesiswaan, tertera bahwa kegiatan ekstrakurikuler adalah sarana dalam membina perkembangan siswa. Peserta didik terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler baik di sekolah ataupun di luar sekolah untuk membantu mereka tumbuh secara akademis.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh kelompok 25 dan berkolaborasi dengan kelompok 26 yang bertempat tinggal di desa yang sama. MTS AL-Islamiyah bertempat di Jl. KH Ghozali Jebuk, Desa Sumberkradenan, Pakis-Malang. MTS AL-Islamiyah menjadi sasaran program pengembangan ekstrakulikuler karena dirasa masih kurangnya tenaga pendidik dalam membantu mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki para siswa. Kegiatan ekstrakurikuler yang dikembangkan antara lain, tari saman, pidato, puisi berantai, dan pembawa acara (MC). Untuk jadwal kegiatannya yaitu setiap hari pada pukul 10.00-12.30 di aula MTs.

Harapan dari program kerja pengembangan ekstrakulikuler di MTS AL-Islamiyah adalah menggali potensi diri yang dimiliki para siswa dan bermaanfaat dalam pembentukan minat serta bakat. Secara tidak langsung, hal ini berguna dalam pengembangan sumber daya manusia di Indonesia untuk masa yang akan datang.