Peduli Kebersihan Bersama KKN 25 UIN Malang di Musholla Miftahul Huda

  • Jan 18, 2023
  • SUMBERKRADENAN.PAKIS

Krajan, 28/12/2022 -   Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukaihl-hal suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.” (HR Tirmidzi).  

Untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap kebersihan musholla miftahul huda yang berada di lingkungan warga dusun krajan, Desa Sumberkradenan, Kec. Pakis, Kab. Malang. Meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan musholla. Lingkungan musholla yang bersih dan sehat adalah lingkungan yang bebas dari berbagai kotoran termasuk diantaranya debu, sampah dan bau. Seperti yang kita tahu bahwa perilaku hidup bersih dan sehat perlulah dibiasakan baik dilingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat, dikarenakan membiasakan hidup bersih dan sehat memiliki manfaat untuk menghindari resiko terjadinya penyakit dan melindungi diri dari ancaman penyakit-penyakit berbahaya.

Kegiatan KKN peduli kebersihan bersama ini bertujuan untuk meningkatkan rasa sadar masyarakat bahwa perilaku hidup bersih dan sehat itu sangatlah penting terutama ditempat-tempat yang sering dikunjungi salah satunya adalah tempat ibadah. Pemilihan tempat ibadah berupa musholla ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat sekitar dalam melakukan ibadah rutin di musholla selain itu juga hal ini diperlukan untuk membiasakan lingkungan yang bersih dan sehat. Dengan adanya kegiatan ini juga KKN UIN Malang mengetahui kekurangan yang dibutuhkan salah satunya adalah tempat penyimpanan alquran dan mukenah. Oleh karena itu, kami membantu masyarakat untuk pembuatan tempat penyimpanan alquran dan mukenah.

Demikian beberapa hal yang dapat saya paparkan dari kegiatan yang telah kami lakukan berupa peduli kebersihan yang bertempat di musholla.  Sebagai penulis dan penyelanggara kegiatan memohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada tutur kata maupun perbuatan yang berkenan. Saya harap dengan adanya kegiatan ini akan meningkatkan rasa sadar baik dikalangan masyarakat maupun pembaca bahwa membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat itu sangatlah penting.